suzuki ertiga indonesia

Varian Suzuki Ertiga di Indonesia

suzuki ertiga indonesiaDi Indonesia International Motor Show ke-20, tiga konsep baru Suzuki Ertiga diperkenalkan, versi Sporty, Luxury and Crossover, yang sebenarnya sudah banyak dimodifikasi menjadi mobil konsep. Versi normal, dalam hal ini GX, juga muncul.

Setelah terjadi perselisihan antara serikat pekerja di Pabrik Suzuki Maruti di India. Suzuki berencana memindahkan pabrik ke Indonesia mengingat sebagian besar pesanan untuk mobil Suzuki Ertiga juga berasal dari Indonesia.

Versi Ertiga di Indonesia juga berbeda dengan di India yang memiliki lima versi, GA (standar), GL (lebih lengkap dari GA), GX (mid-range), Elegant (GX dengan kemewahan aerokit dan interior), dan Sporty (edisi terbatas GX dengan body kit khusus, serupa Suzuki Swift Sport).

Semua versi dari Suzuki Ertiga ini hadir dalam 5-speed manual atau 4-speed auto, sedangkan varian GA hanya memiliki pilihan manual. Pada Januari 2013, Ertiga sudah dilengkapi dengan double blower AC. Meskipun berbasis Swift, blower AC kedua ditempatkan pada platform interior seperti MPV pickup lainnya, seperti Toyota Kijang Innova atau Isuzu Panther, tidak seperti MPV non-pickup lainnya seperti Nissan Grand Livina yang kedua AC blower ditempatkan di kotak konsol belakang.

Pada bulan Mei 2013, Ertiga dengan transmisi otomatis diperkenalkan untuk tipe GL & GX.
Suzuki Ertiga menjual 109.461 unit dalam dua tahun, dengan catatan penjualan melebihi Toyota Avanza dalam satu tahun karena harga suzuki ertiga juga terbilang murah.

Pada 2017, Suzuki meluncurkan Suzuki Ertiga Diesel ZDi Hybrid di Indonesia dengan teknologi hibrida ringan. Berbeda dengan varian bensinnya, Ertiga Diesel ini masih diimpor dari India dan hanya mempunyai transmisi manual. Dengan teknologi hibrida penuh yang menggunakan batterry Lithium, Suzuki menggunakan teknologi hybrid ringan dan disebut Smart Hybrid Vehicle oleh Suzuki (SHVS) dengan hanya menggunakan akselerator murah biasa 70 AH, menggabungkan dengan Integrated Starter Generator yang bisa menghidupkan ulang mesin setelah mobil berhenti (dan juga stop engine) hanya dengan menekan pedal kopling (start stop system). Sistem ini juga bisa memberi percepatan lebih saat dibutuhkan.

 

Related posts: