Obat Asam Urat yang Tepat

Asam urat adalah limbah yang dihasilkan saat tubuh memecah zat, seperti purin, dari makanan. Asam urat biasanya dibawa ke dalam darah, melewati ginjal dan diekskresikan dalam urin. Hiperurisemia, atau kadar asam urat tinggi terjadi bila kelebihan asam urat terkonsentrasi dalam darah.

Beberapa faktor berkontribusi terhadap pengembangan asam urat tinggi seperti senyawa nitrogen yang mengandung kadar tinggi, atau purin, yang menumpuk lebih cepat daripada yang dapat dihilangkan, ginjal yang berfungsi buruk dan kondisi medis yang sudah ada sebelumnya.

Gejala hiperurisemia meliputi kelelahan, radang sendi seperti asam urat, atau pembentukan batu ginjal. Perubahan diet dapat membantu menyembuhkan asam urat tinggi.

Pengobatan Asam Urat yang tepat

Namun, jika terjadi gejala yang mengganggu, berkonsultasilah dengan dokter Anda untuk menguji kadar asam urat dan tentukan pengobatan terbaik untuk penyebab hiperurisemia serta obat asam urat yang tepat

Minum lebih banyak air dan kurangi minum kafein atau alkohol. Konsentrasi asam urat yang tinggi dapat terjadi akibat penggunaan alkohol dan kafein secara berlebihan. Alkohol dan kafein meningkatkatkan produksi purin, yang berkontribusi terhadap peningkatan asam urat dalam darah.

Minum minuman sitrus, seperti limun atau jus jeruk, bisa mengurangi kadar asam urat bila terjadi batu ginjal dari sumber ini. Namun, berkonsultasilah dengan dokter untuk menentukan jenis batu yang terbentuk. Banyak artikel menyarankan untuk minum banyak air untuk menyiram asam urat dan mencegah pembentukan batu asam urat.

Berhenti mengkonsumsi protein hewani yang mengandung banyak purin. Purin adalah zat alami yang ditemukan di sebagian besar makanan, yang memecah tubuh untuk membentuk asam urat. Sejumlah kecil makanan mengandung konsentrasi purin tinggi seperti daging, organ, ikan haring dan sarden. Kadar purin tinggi juga ditemukan pada ikan asin, bacon dan asparagus

Konsumsilah makanan rendah natrium dan makanan olahan sehat. Garam yang terbuat dari sodium dan konsumsi natrium berlebih menimbulkan risiko menyebabkan kenaikan asam urat dan oksalat, yang menyebabkan pembentukan batu ginjal.

Mengikuti rencana diet sehat seperti diet pendekatan untuk menghentikan hipertensi memiliki manfaat tambahan untuk mengurangi atau mencegah kadar asam urat tinggi. Diet ini menekankan makanan yang lebih sehat, sodium rendah dan konsumsi makanan segar untuk mencegah akumulasi purin.

Minum obat asam urat sesuai petunjuk. Jika Anda memerlukan obat untuk asam urat tingkat tinggi, ikuti petunjuk dokter yang ditentukan untuk mencegah peningkatan kadar asam urat.

Makanan rendah purin termasuk susu, selada dan sayuran hijau. Suplemen yang mengandung vitamin C atau D dapat meningkatkan risiko pembentukan batu ginjal dan meningkatkan kadar asam urat.

Related posts: