Jalan Jalan ke Jepara dengan Sewa Bus

Jepara merupakan sebuah kota yang relatif kecil di Jawa Tengah, namun tersohor hingga ke manca negara. Hal itu disebabkan oleh kualitas produksi mebel atau perabot dari kayu jati di daerah tersebut yang menjadi unggulan UKM setempat.

Sebenarnya, di Jepara juga diproduksi perabot dari bahan kayu lain seperti mahoni, namun tetap saja kayu jati memiliki tempat tersendiri di hati penggemarnya sehingga tetap diburu meskipun lama kelamaan harganya menjadi semakin mahal akibat langkanya kayu jati sebagai bahan utama.

Untungnya sudah hampir satu dekade terakhir pemerintah mencanangkan kewajiban penanaman tunas kembali pada pohon jati yang sudah ditebang, sehingga pengganti pohon tersebut akan segera tumbuh. Di Jepara, wisatawan dari Yogyakarta dapat berkunjung sendiri menggunakan sewa bus untuk mendapatkan pengalaman menyaksikan pembuatan perabot maupun kerajinan kayu jati dari dekat.

Kayu jati memang memiliki keunggulan berkali lipat jika dibandingkan dengan kayu jenis lain sehingga wajar jika kemudian menjadi favorit. Pertama, kayu jati hampir tidakl akan berjamur. Tidak peduli selembab apa pun temperature udara di sekitarnya, kayu jati asli tidak lantas akan berjamur ataupun berlumut yang kerap menjadi salah satu masalah serius di mana dapat merusak perabotan dari kayu. Selain itu, kayu jati juga memiliki ketahanan tinggi terhadap rayap sehingga tdiak akan mudah keropos dan roboh.

Bahkan tanpa perawatan rutin, kondisi perabot dari kayu jati relatif imun dengan sendirinya terhadap berbagai macam gangguan yang biasanya dihadapi oleh perabotan yang berasal dari kayu. Karenanya, dapat dikatakan bahwa harga yang dibanderol sebanding dengan kualitas yang ditawarkan oleh perabot kayu tersebut. Di Jepara sendiri, bila wisatawan dapat dengan mudah menemukan sentra pengrajin perabotan kayu jati. Nilai tambah dari para pengrajin kayu jati di Jepara adalah mereka beradaptasi sangat baik dengan kemajuan teknologi, di mana mereka pun melayani pesan antar perabot yang dibeli oleh konsumen, baik dalam maupun luar kota. Bahkan tidak ragu hingga mancanegara dengan memanfaatkan kargo kapal.

Sumber: www.djogjatransport.com

Related posts: