Cara Memperbanyak ASI untuk Menyusui Bayi

Cara Memperbanyak ASI untuk Menyusui Bayi

Cara Memperbanyak ASI untuk Menyusui Bayi
Cara Memperbanyak ASI untuk Menyusui Bayi

Dalam kebanyakan kasus dugaan persediaan susu ASI rendah, masalah sebenarnya bukanlah tentang berapa banyak susu yang Anda miliki, tapi berapa banyak susu yang bisa diperoleh bayi Anda. Pastikan bahwa bayi Anda menyusui dengan baik sehingga dia bisa secara efektif mengekstrak susu ASI yang Anda miliki.Pelajarilah cara memperbanyak ASI.

Menyusui bayi Anda sering dan sesuai permintaan penting dalam membantu Anda membangun dan memelihara persediaan susu yang baik. Jika bayi Anda sangat mengantuk, Anda mungkin perlu membangunkannya dan dengan lembut mendorongnya untuk memberi makan lebih sering. Ini akan merangsang payudara Anda untuk menghasilkan lebih banyak susu.

Tubuh Anda menyesuaikan produksi susu dengan jumlah yang diminta. Jadi jika Anda mulai melengkapi susu Anda dengan susu formula atau suplemen lainnya, pasokan susu Anda akan turun. Semakin banyak Anda memberi makan bayi Anda, semakin banyak susu yang diproduksi tubuh Anda.

Jika Anda benar-benar khawatir tentang berat badan bayi Anda atau merasa bahwa Anda memang tidak menghasilkan cukup ASI, sebaiknya Anda berbicara dengan dokter Anda. Dia akan dapat memberi saran atau menawarkan perawatan sesuai kebutuhan.

Ada kepercayaan umum bahwa makanan tertentu dapat membantu meningkatkan produksi ASI. Yang benar adalah bahwa hanya ada sedikit penelitian di bidang ini dan penelitian kecil apa yang tersedia seringkali tidak cukup dapat diandalkan untuk meyakinkan. Berikut ini adalah tampilan makanan yang umumnya dipercaya untuk membantu produksi ASI dan apa yang kita ketahui tentang keefektifannya.

Berikut adalah tanda-tanda lain bahwa bayi Anda mendapatkan cukup susu ASI:

  • Menyusui terasa nyaman dan tidak menimbulkan rasa sakit.
  • Bayi baru lahir Anda makan setidaknya enam sampai delapan kali sehari dan puas setelah makan.
  • Payudara Anda terasa lebih empuk dan lembut setelah menyusui.
  • Anda bisa melihat dan mendengar bayi Anda menelan saat sedang menyusui.
  • Bayi Anda keluar dari payudara Anda secara spontan saat dia selesai.
  • Bayi Anda buang air kecil setidaknya tujuh kali dalam 24 jam dan saat melewati bangku, warnanya kuning dengan sedikit benjolan susu yang terlihat seperti susu. Bayi yang disusui secara eksklusif dapat mengisap beberapa kali dalam sehari atau hanya sekali dalam lima hari; Kedua situasi tersebut dianggap normal.

Related posts: